Sabtu, 27 Oktober 2012

sumpah pemuda


SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928


 Makna Sumpah Pemuda:

           Sumpah Pemuda sebagai tonggak Penegas Persatuan bangsa Indonesia dapat mencegah perpecahan bangsa, guna memelihara stabilitas pembangunan Nasional untuk mengisi kemerdekaan. Jika ada hambatan seperti mengaggap suku bangsanya lebih baik dari yang lain atau menganggap agamanya paling baik dsb, dapat kita atasi bila kita mengamalkan isi Sumpah Pemuda, sebab tanpa persatuan dan kesatuan, apapun yang dicita-citakan oleh negara dan bangsa tidak akan berhasil.
          Belajar dari Sumpah Pemuda, ada catatan sejarah yang sangat berharga di dalamnya. Butir-butir dalam Sumpah Pemuda itu tidak hanya semata-mata disusun untuk menjadi hasil yang membantu kaum muda menjawab kebutuhan kemerdekaan dari penjajahan saat itu. Melainkan lebih dari itu, Suatu bangsa yang dibangun di atas dasar sebuah keinginan yang kuat. Segenap bangsa saat itu telah memutuskan untuk bersama-sama dan bekerjasama dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan dengan tanpa ada batasan waktu tertentu. Itulah Indonesia yang autentik. Yang masyarakatnya memeliki pandangan lurus ke arah cita-cita bangsa-bangsa yang mengahargai dan berkomitmen menjaga persatuan dalam perbedaan. Karena semua itu diletakan pada kesadaran penuh bahwa pada dasarnya perbedaan latar belakang agama, budaya, ras, golongan bukanlah suatu penghalang dalam mencapai sebuah persatuan cita-cita yang didasarkan pada penghargaan terhadap kemanusiaan.
          Sampai saat ini pun, setelah 84 tahun diikrarkanya Sumpah Pemuda, semangat dan maknanya semakin pudar ditelan zaman. marilah berefleksi tentang landasan persatuan yang membentuk bangsa Indonesia kita yang tercinta ini lewat makna dan amanat Sumpah Pemuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar